Oleh: rye | 12 Agustus 2009

POLUSI UDARA, PENGARUHNYA PADA KESEHATAN, TINGKAT KUALITAS UDARA SEHAT DAN TIPS MELINDUNGI DIRI DAN KELUARGA DARI POLUSI UDARA


Polusi udara terbentuk dari berbagai macam jenis gas, droplet/percikan ludah dan partikel-partikel yang menyebabkan kualitas udara berkurang sehingga terjadilah pulusi udara. Polusi udara dapat terjadi baik dikota maupun di desa. Di kota, mobil-mobil, angkutan bus dan pesawat udara, demikian juga pada industri dan konstruksi bangunan mungkin juga bisa menyebabkan polusi. Di desa, debu-debu dari traktore yang membajak sawah, truk dan mobil-mobil yang melewati jalan tanah dan berkerikil di desa, tambang batu dan asap dari kayu bakar serta pembakaran dari jerami padi mungkin juga berakibat pada timbulnya polusi udara.

Apa saja gejala kesehatan yang disebabkan oleh polusi udara?

Polusi udara dapat menyebabkan iritasi mata, kerongkongan dan paru-paru. Membakar/rasa perih pada mata, batuk dan sesak nafas yang biasanya diakibatkan karena kontak dengan polusi udara tingkat tinggi.

Orang lain mungkin akan memberikan reaksi yang sangat berbeda terhadap polusi udara yang sama. Beberapa orang mungkin merasakan batuk-batuk dan sesak nafas, sementara orang yang lainnya tidak merasakan pengaruh, gejala atau gangguan apapun. Buruknya gejala kesehatan yang dialami bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti bernafas dalam-dalam, pemanfaatan udara atau pemasukan udara yang lebih cepat sirkulasinya seperti pada waktu berolahraga.

Orang-orang yang menderita penyakti jantung, seperti angina pectoris (nyeri dada), penyakit paru-paru seperti asma atau emphysema mungkin akan sangat sensitif terhadap paparan polusi udara, dan mungkin akan menunjukkan gejala-gejala kesehatan sementara itu orang yang lain tidak menunjukkan gejala atau gangguan kesehatan apapun.

Apakah polusi udara berdampak buruk pada kesehatan anda?

Beruntunglah bagi orang-orang dengan status kesehatan yagn baik, gejala-gejala kesehatan akibat kontak atau paparan dengan polusi udara biasanya akan menghilang dengan segera pada saat kualitas udara sudah membaik. Akan tetapi, pada kelompok orang tertentu lebih sensitif untuk terpengaruh polusi udara dari pada kelompok yang lainnya.

Anak-anak kemungkinan merasakan efek-efek tingkat rendah polusi daripada orang dewasa. Mereka juga lebih berpotensi terkena berbagai penyakit, seperti bronkitis dan sakit mata serta berbagai penyakit lainnya, pada paparan polusi udara pada area dengan tingkat polusi yang tinggi daripada didalam area dengan udara yang bersih.

Pada orang-orang dengan penyakit jantung atau paru-paru juga meberikan reaksi yang lebih berat/hebat karena paparan polusi udara. Selama waktu pencemaran berat, kondisi mereka mungkin akan bertambah buruk sampai pada suatu titik dimana mereka harus membatasi aktifitas mereka atau bahkan memerlukan perawatan medis tambahan. Dahulu, sejumlah kasus kematian sudah di hubungkan atau diasosiasikan dengan kondisi pencemaran udara yang sangat berat.

Indeks kaulitas Udara (Air Quality Index (AQI)).

Banyak sekali sumber-sumber yang melaporkan tentang prediksi atau ramalan indeks kualitas udara pada suatu wilayah. Biasanya sumber-sumber tersebut dapat anda peroleh dari radio, televisi, atau surat kabar. Indeks Kualitas udara adalah suatu skala kualitas udara yang berkisar antara 0 sampai 500 dan indeks kualitas udara ini digunakan dalam berbagai laporan cuaca. Suatu indeks kualitas uadra diatas 100 menunjukkan kondisi udara yang tidak sehat.

Berikut Ini adalah rentang indeks kualitas udara:

Rentang indeks kualitas udara dibagai dalam lima rentang, yaitu sebagai berikut:

1. Kualitas udara Baik yaitu nilai AQI 0 – 50. Disimbolkan dengan warna hijau dimana tingkat kualitas udara dalam kondisi baik dan tidak memberikan pengaruh bagi kesehatan tubuh manusia ataupun binatang, tumbuhan, keindahan serta gedung bangunan.

2. Kualitas udara Sedang dengan nilai AQI antara 51 – 100. Dengan simbol warna Biru dimana kondisi kualitas udara tidak mempengaruhi kesehatan tubuh manusia serta binatang. Tingkat kualitas udara tingkat ini
mempengaruhi beberapa tumbuhan yang sensitif dan keindahan lingkungan.

3. Kualitas udara Tidak Sehat dengan rentang nilai AQI antara 101 – 199 Simbol pada tingkat ini dengan warna Merah dimana kualitas udara pada tingkat ini berpengaruh pada kesehatan manusia serta pada beberapa kelompok hewan yang rentan dan juga menyebabkan kerusakan pada tumbuhan serta berefek pada nilai keindahan lingkungan.

4. Tingkat kualitas udara Sangat Tidak Sehat dengan rentang nilai AQI antara 200 – 299. Warna simbol kualitas udara tingkat ini dengan warna Kuning dimana kualitas udara berpengaruh buruk pada kesehatan pada beberapa populasi yang terpapar.

5. Kualitas udara Berbahaya dimana rentang nilai AQI antara 300-500 dengan simbol warna Hitam. Pada tingkat ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius pada populasi.

Apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi keluarga dan diri kita dari polusi udara?

Terlebih dahulu periksalah dari surat kabar, radio, atau televisi serta sumber-sumber lain tentang ramalan indeks kualitas udara di wilayah anda. Berhati-hatilah dan waspadalah jika laporan tentang indeks kualitas udara melebihi angka 100. Juga berhati-hatilah jika ada kondisi cuaca yang beresiko tinggi seperti panas, cerah/terang, jika anda mulai berkembang gejala-gejala seperti sesak nafas, mata seperti terbakar/panas atau batuk.

Kita dapat melindungi diri kita dan keluarga dari pengaruh-pengaruh polusi udara dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Sebisa mungkin Tetap berada didalam ruangan selama polusi udara tingkat tinggi berlangsung atau terjadi. Banyak polutan yang mempunyai tingkat lebih rendah didalam ruangan daripada diluar ruangan.

2. Jika anda terpaksa harus keluar, Batasi aktifitas anda selama diluar ruangan sampai jam-jam di pagi hari (sebelum matahari terbit) atau tunggu sampai matahari tenggelam. Hal ini penting pada kondisi-kondisi ozon yang tinggi ( seperti pada kota-kota besar) karena sinar matahari akan menambah tingkat ozon.

3. Jangan berolahraga, aktifitas fisik atau berusaha keras untuk keluar ruangan pada saat laporan atau berita kualitas udara menunjukkan kondisi yang tidak sehat. Semakin cepat anda bernafas (misal pada waktu berolahraga), semakin banyak juga polusi yang dapat anda ambil dan masuk ke dalam paru-paru.

Langkah-langkah tersebut secara umum akan mencegah pengaruh atau gejala polusi udara pada kesehatan baik anak-anak ataupun orang dewasa. Akan tetapi, jika anda tinggal atau bekerja di daerah yang dekat dengan sumber polusi, atau jika anda mempunyai penyakit jantung kronis atau masalah kesehatan dengan paru-paru, konsultasikan hal tersebut dengan dokter tentang cara-cara lain untuk melindungi diri anda dari polusi udara.

About these ads

Responses

  1. thank’s jg atas komen-nya, kalau mas agus punya artikel atau tulisan bahkan kutipan yang bagus boleh jg bagi2 kesini, sy berharap blog ini akan bermanfaat bagi semua…

  2. thanks i atas postingnya yg bagus… kenalkan saya Agus Suhanto


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: