Oleh: rye | 28 Februari 2010

Medan elektromagnetik dan kesehatan masyarakat : Listrik statis dan medan magnet


Statis menggunakan bidang teknologi semakin sering dieksploitasi dalam industri yang dipilih, seperti kedokteran dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), sistem transportasi yang menggunakan arus searah (DC) atau medan magnet statis dan energi tinggi fasilitas riset fisika. Sebagai kekuatan bidang lapangan statis meningkat, demikian juga potensi untuk berbagai interaksi dengan tubuh.

Proyek EMF Internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini meninjau implikasi kesehatan lapangan statis tinggi eksposur dan menyoroti pentingnya kesehatan masyarakat perlindungan bagi staf medis dan pasien (khususnya anak-anak dan ibu hamil) dan pekerja dalam industri yang menghasilkan medan tinggi magnet (Kriteria Kesehatan Lingkungan, 2006).

SUMBER

Listrik dan medan magnet yang dihasilkan oleh fenomena seperti medan magnet bumi, badai, dan penggunaan listrik. Ketika bidang-bidang seperti itu tidak berubah dengan waktu mereka disebut sebagai statis dan memiliki frekuensi dari 0 Hz.

Di atmosfer, medan listrik statis (juga disebut sebagai bidang elektrostatik) terjadi secara alami, dalam cuaca cerah, dan terutama di bawah awan. Gesekan juga bisa memisahkan muatan positif dan negatif dan menghasilkan medan listrik statis yang kuat. Kekuatan mereka diukur dalam satuan volt per meter, (V / m), atau kilovolt per meter (kV / m). Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin mengalami percikan dibuang membumi rambut objek atau naik sebagai akibat gesekan, misalnya dari berjalan di atas karpet. Penggunaan listrik DC adalah sumber medan listrik statis, misalnya sistem rel menggunakan DC, dan televisi dan layar komputer dengan tabung sinar katoda.

Sebuah medan magnet statis diukur dalam satuan amper per meter, (A / m) tetapi biasanya dinyatakan dalam bentuk yang sesuai induksi magnetik diukur dalam satuan tesla, (B) atau millitesla (mT). Geomagnetic alam bervariasi lapangan atas permukaan bumi antara sekitar 0,035-0,07 mT dan dirasakan oleh hewan-hewan tertentu yang menggunakan untuk orientasi. Buatan medan magnet statis yang dihasilkan arus DC di mana pun digunakan, misalnya di dalam kereta api listrik atau proses industri seperti produksi aluminium dan gas pengelasan. Ini dapat lebih dari 1000 kali lebih kuat daripada Bumi medan magnet alam.

Inovasi teknologi baru-baru ini telah mendorong penggunaan medan magnet sampai dengan 100 000 kali lebih kuat daripada medan magnet bumi. Mereka digunakan dalam penelitian dan dalam aplikasi medis seperti MRI yang menyediakan gambar tiga dimensi otak dan jaringan lunak lainnya. Dalam sistem klinis rutin, scan pasien dan operator mesin dapat terkena medan magnet yang kuat di kisaran 0,2-3 T. Dalam aplikasi penelitian medis, medan magnet yang lebih tinggi, hingga sekitar 10 T, digunakan untuk pemindaian seluruh tubuh pasien.

Untuk medan listrik statis, beberapa studi telah dilakukan. Hasil sampai saat ini menunjukkan bahwa satu-satunya efek akut berhubungan dengan gerakan rambut tubuh dan ketidaknyamanan dari percikan kotoran-kotoran. Kronis atau ditunda efek medan listrik statis belum diselidiki dengan benar.

EFEK KESEHATAN

Untuk medan magnet statis, efek akut hanya mungkin terjadi ketika ada gerakan di lapangan, seperti gerakan seseorang atau gerakan tubuh internal, seperti aliran darah atau denyut jantung. Seseorang yang bergerak dalam bidang, di atas 2 T dapat mengalami sensasi vertigo dan mual, dan kadang-kadang rasa logam di mulut dan persepsi berkedip. Meskipun hanya sementara, efek tersebut mungkin memiliki dampak keamanan bagi para pekerja melaksanakan prosedur halus (seperti dokter bedah melakukan operasi di dalam unit MRI).

Medan magnet statis memberikan gaya pada biaya yang bergerak di dalam darah, seperti ion, menghasilkan medan listrik dan arus di sekitar jantung dan pembuluh darah utama yang dapat sedikit menghambat aliran darah. Kemungkinan efek beragam, mulai dari perubahan kecil dalam detak jantung peningkatan risiko irama jantung abnormal (aritmia) yang mungkin membahayakan hidup (seperti ventrikel fibrilasi). Namun, jenis efek akut hanya mungkin dalam bidang yang melebihi dari 8 T.

Tidaklah mungkin untuk menentukan apakah ada jangka panjang bahkan konsekuensi kesehatan dari eksposur dalam rentang millitesla karena, sampai saat ini, tidak ada epidemiologi dilakukan dengan baik atau jangka panjang penelitian hewan. Jadi carcinogenicity medan magnet statis kepada manusia pada saat ini tidak dapat diklasifikasikan (IARC, 2002).

STANDAR INTERNASIONAL

Pemaparan ke medan magnet statis telah ditangani oleh International Commission on Non-Ionizing Radiation Protection (lihat: http://www.icnirp.org). Untuk pekerjaan pemaparan, sekarang didasarkan pada batas menghindari sensasi vertigo dan mual yang disebabkan oleh gerakan dalam medan magnet statis. Batas yang dianjurkan waktu rata-rata tertimbang dari 200 mT selama hari kerja untuk paparan kerja, dengan nilai langit-langit dari 2 T. eksposur yang berkelanjutan batas 40 mT diberikan untuk masyarakat umum.

Medan magnet statis implan logam mempengaruhi peralatan seperti alat pacu jantung ada di dalam tubuh, dan ini bisa langsung konsekuensi yang merugikan kesehatan. Disarankan bahwa pemakai alat pacu jantung, implan dan implan ferromagnetic perangkat elektronik harus menghindari lokasi di mana lapangan melebihi 0,5 mT. Selain itu, perawatan harus dilakukan untuk mencegah bahaya dari benda logam yang tiba-tiba tertarik ke magnet dalam bidang melebihi 3 mT.

WHO’S RESPONSE

WHO telah aktif dalam evaluasi isu kesehatan oleh paparan medan elektromagnet (EMF) pada rentang frekuensi 0-300 GHz. Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC) mengevaluasi statis carcinogenicity bidang pada tahun 2002, dan WHO International EMF Project telah baru-baru ini melakukan penilaian risiko kesehatan menyeluruh dari bidang ini (Environmental Health Criteria, 2006) di mana kesenjangan dalam pengetahuan yang telah diidentifikasi . Hal ini mengakibatkan agenda penelitian beberapa tahun ke depan untuk memberi penilaian resiko kesehatan di masa depan (www.who.int / ggl). WHO merekomendasikan tinjauan standar ketika bukti baru dari literatur ilmiah telah tersedia.

NASIONAL KEWENANGAN APA YANG DAPAT DILAKUKAN?

Meskipun ada keuntungan besar yang akan diperoleh dari penggunaan medan magnet statis, terutama di bidang kedokteran, kemungkinan efek yang merugikan kesehatan terekspos sampai mereka harus dievaluasi secara benar sehingga risiko dan manfaat benar dapat dinilai. Ini akan memakan waktu beberapa tahun untuk penelitian yang diperlukan harus diselesaikan. Sementara itu, WHO merekomendasikan bahwa otoritas nasional menyiapkan program-program untuk melindungi publik dan pekerja dari kemungkinan efek samping bidang statis. Dalam kasus medan listrik statis, karena efek utama rasa tidak nyaman dari pembuangan listrik ke tubuh, maka cukup untuk memberikan informasi tentang pemaparan ke medan listrik yang besar dan cara menghindarinya.

Dalam kasus medan magnet statis, karena tingkat informasi tentang kemungkinan jangka panjang atau efek tertunda pemaparan saat ini tidak cukup, biaya tindakan pencegahan yang efektif dapat dibenarkan untuk membatasi eksposur pekerja dan masyarakat umum. WHO merekomendasikan bahwa pihak berwenang mengambil langkah-langkah berikut:
Mengadopsi sains internasional berbasis standar untuk membatasi eksposur manusia.
Mengambil tindakan perlindungan bagi industri dan penggunaan ilmiah medan magnet dengan menjaga jarak dari bidang-bidang yang dapat menimbulkan risiko yang signifikan, dengan melampirkan ladang, atau dengan menerapkan kontrol administratif seperti program pendidikan staf.
Pertimbangkan perizinan Magnetic Resonance Imaging (MRI) unit memiliki kekuatan lapangan melebihi 2 T, dalam rangka untuk memastikan bahwa upaya perlindungan diimplementasikan.
Dana penelitian untuk mengisi kesenjangan besar dalam pengetahuan tentang keselamatan orang.
Dana unit MRI dan database untuk mengumpulkan informasi tentang paparan kesehatan pekerja dan pasien.

REFERENSI UNTUK BACAAN LEBIH LANJUT

Kriteria Kesehatan Lingkungan (2006), bidang statis, Geneva: World Health Organization, Monograph, vol. 232

Efek medan magnet statis yang relevan bagi kesehatan manusia (2005), Eds. D. Noble, A. McKinlay, M. Repacholi, Kemajuan dalam Biofisika dan Molecular Biology, vol. 87, no. 2-3, Februari-April, 171-372

IARC Monographs pada evaluasi risiko karsinogenik pada manusia (2002), non-radiasi pengion, Bagian 1: Statis dan frekuensi sangat rendah (ELF) listrik dan medan magnet. Lyon: International Agency for Research on Cancer, Monograph, vol. 80


Responses

  1. buat mas didit sorry nih baru sempat “dibuka” lagi, coba masuk ke http://www.linkpdf.com/download/dl/aplikasi-listrik-magnet-.pdf atau http://fkunhas.com/l/aplikasi+listrik+statis+pada+tv.html untuk menjawab pertanyaan anda…, selamat berburu (hehehe…)

  2. saya mencari aplikasi listrik magnet dlm khidupan sehari-hari.
    tapi susah untuk di temukan datanya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: