Oleh: rye | 17 Februari 2011

Lingkungan yang sehat bagi anak-anak: fakta dan angka


Lebih dari lima juta anak per tahun meninggal akibat penyakit dan kondisi lain yang disebabkan oleh lingkungan tempat mereka hidup, belajar dan bermain.

Sekitar dua juta anak di bawah lima tahun meninggal setiap tahun dari infeksi saluran pernapasan akut, pembunuh terbesar anak-anak muda. Infeksi ini diperparah oleh bahaya lingkungan seperti polusi udara dalam ruangan.

Kedua yang paling umum penyebab kematian anak adalah diare, yang diperkirakan bertanggung jawab atas 12% dari kematian anak di bawah usia lima tahun di negara-negara berkembang – dan total 1,3 juta kematian setiap tahun. Diare dapat hasil dari berbagai penyebab yang berbeda. Itu sering hasil dari anak mengkonsumsi patogen atau racun dari tangan kotor atau melalui air atau makanan tercemar.
Malaria membunuh sekitar satu juta anak per tahun, banyak dari mereka di bawah lima dan sebagian besar dari mereka di sub-Sahara Afrika.
Demam berdarah dengue membunuh sekitar 10.000 anak per tahun, sementara Japanese ensefalitis membunuh sekitar 8.000 anak per tahun (90% di antaranya berada di bawah lima).

Yang paling umum, dan paling serius adalah penyakit yang dibawa vektor ditularkan oleh nyamuk yang berkembang biak di air yang dekat dengan, atau dalam, rumah.
Di negara-negara berkembang, zat yang terkait dengan keracunan termasuk pestisida, karbon monoksida (dilepaskan dari kompor rusak), atau minyak tanah rumah tangga digunakan sebagai bahan bakar.
Di Amerika Serikat kelima keracunan adalah penyebab utama kematian karena kecelakaan pada anak-anak di bawah usia enam tahun, terutama dari konsumsi obat-obatan, antidepresan, analgesik, dan produk rumah tangga seperti pembersih saluran air.
Dalam keracunan Uni Eropa menyumbang dua persen dari semua kematian pada anak-anak cedera.

Sekitar 50.000 anak-anak, usia 0-14 tahun, meninggal setiap tahun sebagai akibat keracunan tidak disengaja.
Penyebab utama kematian dari cedera yang tidak disengaja di antara anak-anak cedera lalu lintas jalan (21% dari itu untuk kelompok usia ini) dan tenggelam (19%).
Sebagian besar di antara anak-anak luka-luka yang tidak disengaja terjadi di rendah dan negara berpenghasilan menengah: anak-anak di Afrika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat rekening atas 80% dari semua kematian anak-anak dari cedera tidak disengaja.

Pada tahun 2001, diperkirakan 685.000 anak-anak di bawah usia 15 tahun dibunuh oleh cedera yang tidak disengaja termasuk yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas jalan, jatuh, luka bakar dan kasus-kasus tenggelam. Di seluruh dunia sekitar 20% dari kematian akibat cedera tersebut terjadi pada anak-anak di bawah 15 tahun dan mereka adalah salah satu dari sepuluh penyebab kematian untuk kelompok usia ini.
Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi risiko lingkungan untuk anak-anak kita?

Lingkungan yang Sehat untuk Anak-anak Alliance (HECA) mempromosikan sejumlah sederhana, biaya rendah, efektif dan berkelanjutan langkah-langkah untuk memerangi risiko lingkungan untuk anak-anak kita. Sementara daftar yang lebih lengkap dari apa yang mungkin tersedia di situs HECA – http://www.who.int / heca / id – di bawah ini adalah contoh dari langkah-langkah sederhana yang dapat diambil di rumah atau di sekolah-sekolah.

Keamanan air rumah tangga
Penyimpanan air yang aman di rumah – dan perawatan air di rumah ketika kualitas yang ragu-ragu – mengurangi pencemaran air dan menyebabkan manfaat kesehatan terbukti.

Kebersihan dan sanitasi
Mencuci tangan dengan sabun sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan dan setelah buang air besar secara signifikan mengurangi risiko penyakit diare.

Ikuti WHO Lima Kunci untuk Makanan yang lebih aman untuk mengurangi risiko penyakit bawaan makanan: menjaga kebersihan; terpisah mentah dan dimasak, masak dengan saksama; menyimpan makanan pada suhu aman; dan penggunaan air bersih dan bahan baku.

Polusi udara
Ventilasi yang baik di rumah, bersih dan ditingkatkan bahan bakar kompor memasak polusi udara dalam ruangan menurun dan memburuknya dan pengembangan infeksi pernafasan akut.

Vektor penyakit
Sebagai anak-anak biasanya pergi tidur lebih awal daripada orang dewasa pada saat nyamuk menjadi aktif, penggunaan insektisida kelambu yang diobati dan pemutaran jendela, pintu dan atap menyediakan sarana yang sangat efektif untuk melindungi mereka terhadap penyakit malaria.

Bahaya kimia
Pastikan aman penyimpanan, pengemasan, penggunaan dan penandaan yang jelas pembersih, bahan bakar, pelarut, pestisida dan bahan kimia lainnya yang digunakan di rumah dan di sekolah-sekolah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: